Selasa, 29 Januari 2013

funfsi gigi dan struktur serta jaringan penyangga gigi


Fungsi gigi


Setiap bagian-bagian tubuh  mempunyai fungsi masing- masing sesuai deng an bentuknya begitu juga gigi.
gigi berdasarkan fungsinya secara garis besar yaitu, untuk pencernaan, estetik dan komunikasi.
Makanan pertama kali dicerna didalam rongga mulut. Didalam rongga mulut terdapat beberapa bagian yaitu salah satunya gigi yang berperan untuk mencerna makanan secara mekanik atau dikunyah sehingga membantu dalam mencerna makanan untuk  tahap selanjutnya.
 jumlah gigi pada orang dewasa yaitu 32 dan anak-anak berjumlaah 20 gigi. Masing-masing gigi mempunyai bentuk yang berbeda-beda sesuai denga fungsinya
macam-macam gigi berdasarkan bentuk dan fungsinya :
- gigi seri
gigi seri atau gigi insisivus  berbentuk seperti sekop atau pahat. berfunsi untuk memotong makanan.
- gigi taring
gigi taring atau kaninus berbentuk seperti tombak atau runcing. berfunsi untuk menyobek makanan.
-gigi geraham
gigi molar bentuknya agak bulat dengan dataran pengunyahan ada tonjolan dan berlekuk-lekuk. Berfusi untuk menghaluskan makanan.
Jika makanan tidak dicerna secara mekananik maka pencernan secara kimiawi didalam mulut terganggu. Karana didalam mulut pengunyahan makanan akan merangsang keluarnya saliva didalam mulut. Dimana saliva memiliki beberapa fungsi diantaranya berperan dalam mencerna makanan secara kimiawi.
             gigi erat kaitannya dengan masalah estetik. Gigi yang tumbuh tidak beraturan, gigi atas tonggos dan lain-lain menyebabkan gangguan pada penampilan sehingga dapat menyebabkan rendah diri dalam pergaulan.
            gigi berperan juga dalam kemunikasi baik secara verbal atau ucapan dengan kata-kata maupan non verbal atau tanpa kata-kata.  
 Bentuk mulut , jumlah  gigi, susunan gigi mempengaruhi komunikasi verbal. Jika antara gigi terdapat celah atau ada beberapa gigi yang hilang terutama gigi pada bagiaan depan dan gigi berjejal , maka berbicara menjadi tidak jelas dan pengucapan kata-kata terganggu atau tidak jelas terkadang terdengar suara berdesis.
komunikasi non verbal merupakan kemunikasi yang dilakukan untuk menyatakan emosi seseorang misalnya dengan tersenyum..


Struktur gigi 


Gigi terdiri dari beberapa jaringan yaitu jaringan email, email dan pulpa.
·      Email
          jaringan email merupakan jaringan yang paling luar berwana putih yang menutupi mahkota gigi dan merupakan jaringan terkeras dari tubuh manusia. Komposisi email terdiri dari jarinagn anorganik 96%, mineral, organik 1% dan sisanya adalah air. Komposisi inilah yang menyebabkan email sangat kuat. Sesuai dengan bahan penyusun dan letaknya email berfungsi untuk melindungi gigi dari rangsangan luar seperti panas,, dingin asam dan manis. Khusus untuk rangsangan asam dg tingkat kesaaman tertentu dapat melarutkan email sehingga terjadi karies namun membutuhkan waktu yang panjang atau berulang.
·      Dentin
     Dentin nmerupakan jaringan lapisan kedua dari struktur gigi. Dentin terletak dibawah lapisan email berwarna kuning. Jaringan ini jauh lebih lunak dari email karna komposisi organiknya lebih banyak dari pada email yaitu mencapai 20%, dimana 85% dari meterial organiknya yaitu terdiri dari kalogen . sisanya dalah air sebanyak 10% dan hidroksiapatit anorganik 68%. Dentin merupakan sebagai atap dari pulapa atau untuk melindungi pulpa.

·  Pulpa
       Pulpa adalah suatu rongga yang berisi pembuluh darah, pembulah limpe, persyarapan, jarinagan ikat.
Rongga pulpa terdir dari 4 bagian yaitu :
·         Tanduk pulpa yaitu ujung ruang pulpa
·         Ruang pulpa yaitu ruang pulpa di mahkota gigi
·         Saluran pulpa yaitu saluran di akat gigi kadang-kadang bercabang dan ada saluran tambahan
·         Foramen apikal yaitu lubang di apeks gigi, tempat masuknya jaringan pulpa ke rongga pulpa.





        Jaringan penyangga gigi


     gigi dapat tertanam kuat didalam mulut karna diliputi oleh jaringna penyokong atau jaringan penyangga gigi. Jaringan penyangga gigi ada beberapa macam berdasarkan bentuk dan fungsinya yaitu gingiva, sementum, ligamen periodontal, tulang alveolar.

Ø  Gingiva
       Gingiva atau dapat disebut juga gusi adalah jaringan yang melapisi dan melekat erat pada laher gigi dan tulang alveolar dan merupakan jaringan terluar yang tampak dalam rongga mulut yang berwarna merah muda. Berdasarkan letaknya gingiva terdiri dari
a.      Gingiva bebas  merupakan pita jaringan serkuler yang terletak mengelilingi leher gigi
b.      Gingiva cekat merupakan gingiva yang melekaat erat pada teulang alveolar.
c.       Gingiva interdental  merupakan gingiva yang yang mengisi ruang interproksimal  antara dua gigi yang berdekatan
d.      Gingiva puncak merupakan gingiva yang terletak paling atas atau puncak.
e.      Sulkus gingiva (krevis gingiva) merupakan paerit kecil yang terletak diaantara leher gigi dan gingiva bebes yang dibatasi oleh epitel tidak berkreatin. Didalamya berisi cairan krevikuler, debris, bakteri, sel-sel epitel dan lain-lain
f.        Dasar sulkus gingiva merupakan garis lengkung yang melekat pada gigi dan merupakan batas sulkus gingiva dangan email.

Ø  Ligamen periodontal
       Ligamen periodontal adalah jaringan yang membungkus akar gigi dan menghubungkan akar gigi ke tulang laveolar. Jarinagn periodontal terdiri dari serat-serat periodontal yang tersusun atas kelompok-kelompok serat kalogen, pembuluh darah dan syaraf propioseptik.
*      Kelompok serat-serat kalogen penyusun jarinagn periodental :
·         Alveolar crest, serat berjalan miring dari sementum dibawah dentino enamel junction ke puncak alveolar
·         horizontal, serat berjalan horizontal  atau tegak lurus sumbu gigi dari sementum ketulang alveolar
·         oblik, serat berjalan miring dari sementum ke tulang alveolar
·         transeptal, serat tertanam dalam sementum yang berdekatan dan meluas ke interproksimal diatas puncak alveolar
·         intradikular,  serat yang berada diantara akar gigi berakar jamak

*   fungsi jaringan periodontal
·       memelihara relasi gigi terhadan jarinagn keras dan lunak
·       mensuplai nutrisi dan produk sisa melalui pembuluh daran dan limfe
·       mengantarkan tekanan taktil dan sensasi nyeri ke jalur trigeminal (saraf trigeminus adalah saraf ke III yang memberikan rasa pada saat gigi disentuh)

Ø   Sementum
       Sementum adalah jaringan keras yang meliputi akar gigi. Komposisi sementum yaitu ;  material anorganik 65%, air 35%  selebihnya zat organik. zat organik sementum adalah hidro apatid sedangkan zat anoganiknya adalah serat kalogen.
Fungsi sementum :
·         Meleketkan gigi pada serat periodontal.
·         Menahan gigi pada soket tulang dengan perentaraan serabut periodontal.
·         Mengompensasi keausan struktur gigi karena pemakaian, dengan pembentukan sementum terus-menerus.
·         Memudahkan terjadinya pergeseran gigi


Ø Tulang alveolar
Tulang alveolar merupakan bagian dari tulang rahang yang mengelilingi akar gigi. Tulang ini membentuk suatu lubang tempat gigi tertanam. Ketebalan dan ketinggian tulang alveolar tergantung dengan ada tidaknya gig yang disangga. Fungsi tulang alveolar adalh sebang penyangga gigi dan penyedia tempat gig tertanam






















1 komentar:

  1. Ski Peak Titanium Flask Flask - Titanium Hockey Gats
    Shop ski boots with Titanium Hockey Gats: High titanium knee replacement quality ski boots with the right titanium apple watch weights, titanium 4000 quality fit, titanium flat irons durability and carbon-neutral carbon-neutral $19.90 titanium watch band

    BalasHapus